Minggu, 20 Januari 2013

Islam di Asia Tengah


Book Review

Judul buku              :  Islam di Asia Tengah
Penulis                     : Dr. M. Abdul Karim, Double M. A.
Penerbit                   : Bagaskara Yogyakarta
Tahun terbit            : Tahun 2006
Tebal buku               : 140 hlm, 14.5 x 21 cm

1.          Abstrack
            Sejarah Islam sering dilupakan oleh masyarakat khususnya oleh kaum Muslim. Mereka memahami fakta dan sejarah Islam hanya sebagian kecil saja, itupun hanya seputar sejarah masa para Nabi. Padahal Islam pernah menorehkan sejarah yang luar biasa di belahan dunia. Termasuk di Asia Tengah. Masyarakat tidak banyak yang memahami sejarah Islam di kalangan Bangsa Mongol. Buku ini hadir sebagai sumbangsih yang cukup besar dalam bidang limu pengetahuan khususnya sejarah Islam. Penulis buku, seorang pakar sejarah yang berkompeten, menulis karya ini dengan memberikan gambaran yang komprehensif. Karya ini adala karya langka dalam literatur bahasa Indonesia. Menggunakan metode holistik penulis memaparkan sejarah dinasti Mongol Islam dari awal hingga akhir. Tentunya di harapkan buku ini mampu menjadi jawaban atas pemahaman yang keliru terhadap sejarah Islam di Asia Tengah. Bahwa dinasti tersebut pernah menorehkan sejarah dan peradaban yang gemilang bagi kemajuan Islam.

2.          Hipotesis or question, sense of academic crisis
            Buku ini ditulis oleh penulis bertujuan untuk memberikan sumbangan bagi khasanah ilmu pengetahuan terutama dalam bidang Sejarah Peradaban Islam  dimana Sejarah Peradaban Islam di Asia Tengah adalah penting bagi mahasiswa di seluruh perguruan tinggi Islam dan sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan SKI (Sejarah Kebudayaan Islam).
            Penulis termotivasi untuk menulis dan membahas karya ini. Karya ini untuk mengungkap keturunan Bangsa Mongol dalam menciptakan kerajaan Islam dan menghasilkan peradaban yang luar biasa pada masanya, serta berbagai perubahan dalam Islamisasi pemerintahan ynag belum pernah dikaji melalui persepsi sejarah dalam teks Indonesia.

3.      Importance of topic
            Selama ini, sebagian masyarakat mengenal sejarah Islam hanya sebagian kecil saja. Topik yang diangkat oleh penulis dalam buku ini sangat penting untuk dibukukan dalam sebuah karya bahasa Indonesia. Islam di Asia Tengah baik asal-usul dan perkembangannya tidak banyak dipahami oleh masyarakat khususnya muslim. Buku ini ditulis salah satunya adalah untuk memberikan gambaran tentang ketiga dinasti yang ada di Mongol yaitu Dinasti Chaghtai, Golden Horde, dan Ilkhan. Ketiga dinasti tersebut telah menorehkan sejarah dan peradaban Islam yang luar biasa.
            Sementara ada beberapaanggapan dan pemahaman yang terkadang memberi cap buruk kepada dinasti-dinasti tersebut tanpa mengkaji ulang dan telilti dari berbagai sumber. Untuk itulah penulis menulis karya ini, meluruskan pemahaman yang kurang tepat akibat dari kurangnya sumber dan referensi sejarah. Buku ini juga sangat penting untuk dibaca dan dipahami oleh para pendakwah Islam, pakar sejarah, pengajar, dan para cendikiawan muslim khususnya.
                       
4.      Prior Research On Topic
            Buku ini tergolong langka dan satu-satunya yang dalam literatur bahasa Indonesia dan dalam pembahasan Sejarah dan Peradaban Islam. Seperti yang diungkapkan oleh penulis buku, bahwa perbedaan penulisan ini dengan sumber-sumber yang digunakan adalah bahwa tidak terdapat satu buah karya khususs yang membahas tentang tiga dinasti Islam di kalangan Mongol, apalagi, yang berbahasa Indonesia.  
           

5.      Theoritical Framework Approach and research
            Menurut penulis buku dalam metode dan pertanggungjawaban pada buku Islam di Asia Tengah hal 4, belau menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada hasil karya terutama dalam bahasa indonesia yang mengangkat tema tentang islamisasi di kalangan Mongol secara utuh dan komprehensif. Kalaupun ada tulisan-tulisan tersebut hanya menampilkan renik-renik peristiwa yang terbatas mengenai informasi tema yang penulis kaji.
            Beberapa referensi buku dan karya yang dijadikan rujukan oleh penulis adalah sebagai berikut: Bartold Spuler, History of The Mongol (Based on Eastern nad Western Accounts of the Thirteenth and Foutteenth Centuries), 1972 menguraikan tentang awal berdirinya sejarah bangsa Mongol masa Chengis Khan sampai keempat anaknya yang berhasil menguasai Eropa, Rusia, dan Asia Barat. E. G. Browne, A Literature History of Persia, Vol. III,1951, menyajikan informasi secara periodik dan sistematis, mengenai dinasti-dinasti yang ada di kalangan Mongol. Kemudian buku Continuity and Change in Mediavel Persia, Aspect of Administratitive, Economic, and Social History 11th-14th Century, ditulis 1988 oleh Ann K. S. Lambton, menguraikan secara kronologis sejarah Persia dalam perubahan dan kelanjutannya dalam aspek administrasi, ekonomi, dan sejarah sosial, terfokus pada abad IX-XIV M, terlihat pembahasannya sangat global.
            Literatur dalam bahasa Indonesia yang memuat sejarah Dinasti-dinasti Islam Mongol di Asia Tengah sangatlah sedikit, dan tidak disajikan secara menyeluruh dalam satu buku sendiri, kebanyakan hanya terdiri dari beberapa halaman saja dan pemuka-pemuka Mongol yang membawa ke tingkat kejayaan Islam sangatlah sedikit, bahkan tidak ada sama sekali. Apalagi tentang jasa-jasa Dinasti Mongol Islam.
            Penulis juga dalam mengadakan pendekatan kepada peristiwa yang telah lalu teori-teori yang biasa dipergunakan diantaranya adalah, Teori Evolusi, Teori Challenge and Response dan Teori-Tri-Kon. Metode yang tepat yang digunakan menurut penulis adalah metode holistik. Penulis tidak menentukan sebelumnya metode tertentu yang dipergunakan, melainkan metode yang harus dikuasai penulis adalah Metode Induksi, Metode Deduksi, Metode Refleksi, dan Metode Komparasi.

6.    Limitation and Key Assumption
            Penulis buku membatasi tulisannya seputar Islam di Asia Tengah yaitu fokus pada sejarah Dinasti Mongol Islam. dimulai dengan awal Islamisasi di Asia Tengah, menguraikan sejarah Bangsa Mongol dan hubungannya dengan Dunia Islam, menjelaskan hubungannya dengan Peradaban Mongol-Islam dan ditutup dengan menjelaskan tentang jawaban dari permasalahan yang diajukan.

7.     Contribution of Knowledge
            Buku ini memiliki kontribusi yang positif dan memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi ilmu pengetahuan terutama dalam bidang sejarah. Karya ini sangat membantu dalam memberikan gambaran dan penjelasan tentang sejarah Islam di Asia Tengah khususnya Dinasti Mongol Islam yang selama ini masih simpang siur. Karya ini memberikan kepuasan tersendiri bagi para pembaca khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tema yang diangkat cukup khas dan fokus pada pembahasan ynag terperinci.

8.      Description of Proposed Chapter
  Buku ini terdiri dari delapan bab. Bab 1 dimulai dengan pendahuluan yang terdiri dari penjelesan seputar Mongol; Kisah Tentang Sejarah yang Hilang dan Metode Pertanggungjawaban. Bab 2 Awal Islamisasi di Asia Tengah yang terdiri dari tiga masa yaitu masa al- Khulafa al-Rasyidun, masa Dinasti Umayyah di Damaskus dan, masa Dinasti Abbasiah. Bab 3 Sejarah Bangsa Mongol yang terdiri dari: Asal-usul bangsa Mongol, Chengis Khan dan Dunia Islam, dan Mongol Setelah Meninggalnya Chengis Khan. Bab 4 membahas tentang Dinasti Chagtai (1227-1359). Bab 5 tentang Golden Horde (1256-1391). Bab 6 tentang Dinasti Ilkhan (1256-1335). Bab 7 tentang Hasil Peradaban Dinasti-Dinasti Islam Mongol yang terdiri dari Masa sebelum Islam, dan Masa Islam. Bab 8 Penutup. Kemudian daftar pustaka dan Tentang Penulis.

9.      The Result of Research Finding
            Walaupun buku ini tergolong buku yang biasa saja dan temanya juga tentang sejarah, namun buku ini mempunyai hasil akhir atau temuan yang baru dan luar biasa. Pemahaman yang keliru dan kesan buruk pada kerajaan-kerajaan Islam di Asia Tengah pudar dan berubah menjadi sebuah kekaguman dan menambah keyakinan kita untuk tetap memperjuangkan Islam dan mendakwahkannya sebagaimana perjuangan orang-orang terdahulu.

10.  The Commens
            Komentar saya mengenai buku ini sebagai berikut. Buku ini  luar biasa dan bisa memberikan gambaran yang cukup detail mengenai sejarah Islam di Asia. Sebelum membaca buku ini saya sama sekali tidak memahami bahwa Islam di Asia Tengah perkembangnnya begitu luar biasa. Beberapa dinasti dan tokohnya juga sebelumnya saya tidak mengetahuinya. Intinya, buku ini telah menambah wawasan sejarah saya terutama sejarah tentang dinasti Mongol Islam.
            Disini saya hanya nampak kurang nyaman pada cetakan atau tata letak pada buku. Spasi tulisannya terlalu rapat sehingga kurang nyaman untuk di baca. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar